Senin, 14 Juli 2014

Mengapa Robot Hidrolik ?

Di pasaran saat ini banyak tersedia modul-modul permainan robotika yang dapat dirangkai menjadi robot dan diprogram untuk melakukan suatu fungsi tertentu, mulai memindahkan benda sampai permainan memadamkan api.

Dengan begitu banyaknya pilihan robot elektronik di pasaran, maka apa yang kami lakukan dengan memproduksi robot hidrolik adalah suat hal yang 'nyleneh', menyalahi hukum pasar.
Bagaimana tidak, 
Di saat orang ingin robot elektronik, kok malah bikin robot hidrolik?
Di saat banyak mainan edukasi yang terbuat dari plastik, kok malah bikin mainan kreatif dari kayu?
Di saat banyak orang ingin yang serba praktis, kok mainan edukasi robot hidrolik malah harus dirakit terlebih dahulu?


Ya, banyak sekali pertanyaan dari orang-orang terdekat kami yang mempertanyakan kenapa begini dan kenapa begitu, utamanya hal-hal seperti di atas tadi...
Ada beberapa alasan mengapa kami membuat mainan edukasi kreatif robot hidrolik Dinobot, terutama berdasarkan pengamatan dan pengalaman kami sendiri yang kurang memahami prinsip-prinsip elektronika, eh maksud kami keprihatinan terhadap perkembangan dunia pendidikan anak dan kurangnya alat peraga edukasi yang bisa memberikan pemahan tentang ilmu pengetahuan secara mudah dan menyenangkan. 

Mainan robot elektronik memang memberikan pengalaman yang menyenangkan tentang gerakan robot yang bisa diprogram sesuai keinginan kita, dan dengan bentuk yang beraneka ragam dan warna tentu memberikan kesenangan sendiri bagi anak.
Namun, satu hal yang terlupakan adalah : Gerakan arus listrik dan program komputer yang sedang bekerja tidak dapat terlihat dengan mata !!!

Bagi anak yang sedang dalam tahap keingintahuan tinggi, tidak cukup hanya memberikan penjelasan: pokoknya tinggal pencet jalan !!!
Anak juga perlu dijelaskan tentang konsep sebab akibat yang bisa dilihat dan dirasakan sendiri.
Dan pengalaman itu tidak bisa didapatkan dari mainan elektronik....
Anak juga perlu diberi pengetahuan dan pemahaman tentang ilmu-ilmu dasar yang membentuk peradaban manusia hingga mencapai taraf yang seperti sekarang.

Ilmu Fisika, hidrolika dan mekanika adalah salah dasar ilmu yang menjadi pondasi kehidupan manusia modern.
Dengan memberi pemahaman mendasar tentang ilmu fisika, hidrolika dan mekanika kami berharap anak-anak Indonesia tidak hanya pandai menghafal rumus dan mengerjakan soal, tetapi benar-benar memahami konsep sehingga di masa depan bangsa Indonesia mampu melahirkan ilmuwan-ilmuwan hebat, penemu-penemu yang inovatif, tidak hanya di bidang fisika, hidrolika dan mekanika saja, tetapai di bidang apapun yang diminati, yaaa minimal membuat lebih banyak orang tua untuk peduli pendidikan anak.

Mainan edukasi kreatif robot hidrolik Dinobot tidak hanya mengajarkan fisika hidrolika dan mekanika saja, tetapi lebh dari itu mengajarkan untuk:
- Melatih fokus, ketekunan, kesabaran dan ketelitian anak.
- Mengajarkan anak2 untuk berpikir dan bekerja berdasarkan logika yang teratur dan runut.
- Mendidik anak dan orangtua untuk menghargai kepuasan dari hasil kerjanya sendiri.


Apapun bidang yang nantinya akan digeluti dan diminati oleh anak kita, mainan edukasi kreatif robot hidrolik Dionobot akan memberikan pengaruh positif bagi perkembangan intelektual anak kita.

Adakalanya orangtua terlalu sayang sama anaknya sehingga memberikan mainan yang bahkan belum waktunya untuk diperkenalkan, misalnya gadget.
Mari kita lihat di sekitar kita betapa banyak orangtua yang memberikan gadget sebagai mainan untuk anaknya, padahal di negara-negara maju gadget adalah alat kerja bagi orang dewasa.
  Bermain gadget memang sangat mengasyikkan, bagi orangtua yang sibuk mungkin dianggap sebagai solusi untuk memberikan kesibukan kepada sang anak sehingga tidak mengganggu kesibukan orangtua, tetapi tanpa disadari banyak dampak negatif yang disebabkan kecanduan gadget, di antaranya:
 1. Efek jangka panjang: Anak sulit bersosialisasi dengan orang lain.
    Bayangkan apa yang terjadi 10 - 15 tahun yang akan datang, dia tidak akan bisa berinteraksi dengan orang di sekitarnya karena sibuk dengan dirinya sendiri.
2. Efek jangka pendek: kecanduan gadget menyebabkan malas belajar dan maunya main game saja.

Belum lagi dampak negatif bagi kesehatan anak, seperti yang disampaikan oleh para ahli:
1. Obesitas,
2. Gangguan tidur
3. Mata kering
4. Masalah pendengaran
5. Merubah perilaku menjadi lebih agresif

Alangkah bijaksana jika dalam memilih mainan kita perlu memikirkan manfaat dan dampak negatif bagi pertumbuhan anak, tidak hanya jangka pendek saja, tetapi juga jangka panjang.

Jadi...
Mainan edukasi kreatif robot hidrolik Dinobot adalah salah satu solusi untuk menghasilkan generasi penerus yang cerdas, kreatif dan juga mempunyai empati, simpati dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.


Baca juga:
konsep bermain sambil belajar 
Prinsip fisika dalam sistem hidrolika 
Hidrolika dalam kehidupan sehari-hari 
Memahami konsep fisika 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar